http://picasion.com/

4 HIKMAH DARI SEBUAH MASALAH

SAHABAT Muslim Muda kami sajikan sebuah artikel  4 HIKMAH DARI SEBUAH MASALAH  Mudah-mudahan bisa menjadi pe unnguat tuk kamu semua yang sedang ditimpa kegalauan.



 Sering orang – orang berkata bahwa hidup ini penuh masalah namun jika difikir-difikir benar bahwa hidup ini meman penuh masalah karena masalah adalah karakteristik kehidupan di dunia,  jika tidak ingin mendapat masalah maka syurgalah tempatnya.
Allah ta’ala berfirman :
  
yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,(QS.Almulk : 2)
            Syaikh ibnu atho’illah dalam kitabnya Al-hikam mengatakan bahwa
لَا تَسْتَغْرِبْ وُقُوْعَ الْأَ كْدَارِ مَا دُمْتَ فِي هٰذِهِ الدَّارِ
Janganlah engkau merasa heran dengan munculnya berbagai kekisruhan (bencana, kesulitan, kekacauan dan sejenisnya) selama engkau menghuni negeri dunia ini.
Dan beliau juga berkata :  
Bahwasanya Allah Menjadikan dunia ini sebagai tempat ujian (kesedihan) 
 Namun bukan berarti dengan masalah yang ada di dunia ini lalu kita hanya diam atau lari dari masalah sikap yang pas adalah dengan kita menghadapi masalah itu sendiri karena jika tidak dihadapi justru akan menimbulkan masalah yang lebih besar nantinya lebih – lebih lagi jika kita bisa menjadikan dari setiap masalah yang ada adalah peluang untuk mendapatkan ridhonya.
Lagi pula dibalik masalah itu ada  hikamah yang luar biasa, berikut kami sajikan  hikmah  dari masalah


1.     MASALAH MEMBAWA PELUANG & MENJADI KITA BERKEMBANG

            Sebagai contoh kecil saja dulu  orang  yang sedang beristirahat atau mau tidur namun banyak nyamuk yang menganggunya ini sebuah masalah namun hikmahnya orang membuat obat nyamuk yang akhirnya bermanfaat untuk manusia selain bermanfaat menjadi penangkal nyamuk juga bisa membuka lapangan pekerjaan, padahal gangguan nyamuk adalah hal yang kita tidak sukai.
  karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. ( QS 4:19)

            Selain itu masih banyak Peluang dari banyaknya masalah yang terjadi tinggal bagaimana kita sanggup melihat peluang itu sehingga kita berkembang.

2.     AKAN MENINGKATKAN DERAJAT ORANG-ORANG YANG BERIMAN

Masalah dan kesusahan yang dihapi oleh manusia khususnya orang yang beriman  akan meningkatkan derajat kita dihadapan Allah dan tentunya ini menjadi kabar gembira bagi kita yang benar-benar beriman.

Tidak ada satupun musibah (cobaan) yg menimpa seorang muslim, melainkan dosanya   dihapus Allah Ta'ala
karenanya, sekalipun musibah itu hanya karena tertusuk duri. [HR. Muslim No.4667]
inilah yang membedakan orang-orang yang beriman dengan yang tidak beriman, musibah bagi yang beriman jelas menjadi pahala dan menghapuskan dari dosa namun bagi yang tidak beriman musibah itu tidak ada nilainya bagi mereka dihadapan Allah, padahal bisa jadi kita sakit merekapun juga sakit , kita susah merekapun juga hidupnya susah, bahkan bisa jadi kesusahan mereka adalah itu laknat Allah atas mereka.
Sesungguhnya Allah melaknat orang-orang yang kafir, dan menyiapkan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka).” (Al-Ahzab: 64).

            3.DIBALIK RUMITNYA MASALAH AKAN ADA KEMUDAHAN 

Bikin pusing , susah , rumit , membuat sedih itu sudah menjadi ciri khas dari sebuah masalah Namun dibalik semua itu akan ada kemudahan-kemudahan  yang akan menyertainya.
 Dalam surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman,
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)
Ayat ini pun diulang setelah itu,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6)

Dalam Ayat Lain Allah Berfirman :

سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا
Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. Ath Tholaq: 7)
Ibnu Katsir Mengatakan _Janji Allah itu pasti dan tidak mungkin Dia mengingkarinya
            Dahulu sewaktu kecil kita belajar berlari begitu sulit berkali-kali jatuh namun karena belajar dan  terus belajar hari ini ketika sudah dewasa bukan hanya jalan namun kita bisa berlari.

            4.BAGI HAMBA ALLAH YANG MUWWAHID ( BERTAUHID) MASALAH MENJADIKAN IA SEMAKIN MUWWAHID

Ibnu Rajab berkata, “Jika kesempitan itu semakin terasa sulit dan semakin berat, maka seorang hamba akan menjadi putus asa dan demikianlah keadaan makhluk yang tidak bisa keluar dari kesulitan. Akhirnya, ia pun menggantungkan hatinya pada Allah semata.
  Dengan  rumitnya masalah yang dihadapi bisa menjadikan kita mendatangi Allah dan semakin mendekat kepadanya hinggan akhirnya kita bersimpuh dan menyerahkan masalah yang dihadapinya tentu hal ini terjadi bagi orang-orang yang Makrifat ( Mengenal ) Allah.
   Dan sebenarnya inilah salah satu kunci menyelesaikan masalah itu sendiri karena kita telah datang kepada yang memberikan masalah atau ujian seperti kalau ban motor atau mobil kita bocor tentu kita akan datang ke Bengkel, kalau kita sakit tentu akan datang ke rumah sakit atau mencari obat sakit , kalau kita haus tentu datang mencari minuman. Demikianlah ketika kita mendapatkan masalah kita seharusnya datang kepada Allah dan mengadu kepadaNya inilah yang dinamakan tawakal
  Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS. Ath Tholaq: 3)
 Demikianlah  beberapa hikmah dari masalah-masalah yang melanda.

SHARE

About muwahid

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Translate